Pulau Pramuka > pulau Panggang > Karamba Jaring Apung

Harusnya postingan gw ini udah lamaa ,,,:)

cerita gw sekarang ini tentang trip Marine kultur (*salah satu mata kuliah jurusan saya) bareng temen-temen seangkatan BDP44..buat jalur ke tempat ini sama kaya postingan sebelumnya *Pulau Kelapa.. hanya saja kapal ojek yang dinaiki beda jurusan dan jarak dari muara angke ke Pulau Pramuka lebih dekat dibandingkan ke Pulau Kelapa yaitu 2.5-3 jam. untuk pemberangkatan kapal ojek juga cuma ada 2 kali yaitu pagi jam 7.00 dan 13.00 WIB.

buat temen-temen yang suka ke Pulau Seribu, nama Pulau Pramuka sudah kita sering dengar khususnya buat temen-temen yang suka diving, karena pulau pramuka ini juga merupakan pusat administrasi pemerintah di kepulauan seribu. Karena disinilah pusat tempat “diemnya” (*homestay maksudnya) sebelum nyari daerah yg bakal di jelajahi lautnya,,,:)

karena cuma beberapa jam  di Pulau Pramuka, kami semua cukup puas beristirahat sejenak sambil liat tempat penangkaran penyu..selanjutnyaa kami menuju pulau panggang..Pulau Panggang, merupakan salah satu pulau yang terpadat di kepulauan seribu. di Pulau panggang ini untuk jajanan relatif murah dibandingkan dengan Pulau Pramuka, dan yang paling saya sukai adalah Baso ikannya yang MANTAP…nyam nyam enak,, dan es ciko yang cocok dengan suasana yang panas di Pulau.

Karena di dua tempat ini kami hanya transit, tidak banyak yang kami lakukan hanya membeli jajanan untuk kami menginap di Karamba.

untuk Sebagian orang belum mengetahui apa itu Karamba Jaring apung. Karamba Jaring Apung adalah tempat Budidaya ikan bisa air tawar bisa air laut, yang biasanya menggunakan jaring. untuk konstruksinya sendiri biasanya di lengkapi dengan rumah jaga, nah…. rumah jaga inilah yang akan kita tempati selama 2 hari. *Masih belum kebayang??neh dengan gambar biasanya orang lebih dapat mengerti..:)

*Gambar ini di ambil dari link tetangga http://patinmania.wordpress.com/2008/07/30/hal-hal-unik-kja-karamba-jaring-apung-laut/1_376403356l/ soalnya ga punya poto KJA yang terlihat jelas. hihii

semoga poto itu bisa mendeskripsikan KJA…dan memang KJA ini yang saya dan teman-teman tempati selama 2 hari. selama 2 hari ini kita tidak menggunakan air tawar seperti hidup didarat seperti biasanya, untuk MCK sendiri itu langsung di laut.hihihi jika memang membutuhkan air tawar, kita bisa memanfaatkan air hujan yang ditampung..:)

Disela kegiatan wajib yaitu memberi makan ikan budidaya, membersihkan jaring yang ada di tempat tersebut kami ikut menikmati suasana ditengah laut dengan berenang-renang dipinggiran sekitar KJA.

itu deh sedikit cerita tentang trip gw ke Pulau Pramuka, Pulau Panggang, dan Karamba Jaring Apung.

Suasana di boat dari Pulau Panggang ke Karamba Jaring Apung.

Suasana dalam Kapal Ojek

About Gya's Blog

"Gya" Mahasiswi IPB (2007)...Mayor Teknologi dan Management Perikanan Budidaya...

Posted on 13/01/2012, in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Mantap ikan segarnya.
    salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: